Cara Membedakan Liontin Emas Asli dan Palsu

Cara Membedakan Liontin Emas Asli Dan Palsugbr

Liontin emas asli merupakan salah satu jenis perhiasan yang banyak peminatnya terutama dari kalangan perempuan. Jenis perhiasan yang satu ini biasa dikenakan pada acara-acara resmi dan elegan. Tak bisa dipungkiri, liontin emas seperti ini memang memberikan prestis yang begitu tinggi dan membuat penggunanya jadi jauh lebih percaya diri.

Tak hanya itu saja, prestis yang ditimbulkan oleh liontin emas seperti ini juga membuat penggunanya lebih mudah dalam memaksimalkan fashion. Bukan tanpa alasan, perhiasan yang satu ini memang sangat mudah untuk dikombinasikan dengan berbagai model pakaian. Tidakkah Anda ingin memilikinya? 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat maju, ada banyak sekali penjual liontin emas asli yang menjajakan dagangannya secara daring. Sayangnya tidak semua penjual bisa dipercaya dalam proses satu ini. Ada banyak dari mereka yang justru mengambil manfaat secara tidak baik dari kondisi teknologi yang sangat maju ini.

Salah satunya adalah produk yang tidak asli atau palsu. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi hal ini. Bahkan cara-cara ini bisa dilakukan oleh awam sekalipun. Lantas apa saja cara-cara terbaik untuk membedakan emas asli dan palsu ini? Simak penjelasannya di bawah ini!

Melakukan Identifikasi Warna Terlebih Dahulu 

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan saat Anda hendak membedakan emas asli dan palsu di toko perhiasan adalah dengan mengidentifikasi warnanya. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menggosokkan tangan pada emas tersebut. 

Emas yang asli biasanya tidak mengalami perubahan warna pada saat digosok dengan tangan. Namun emas yang palsu akan mengalami perubahan warna. Biasanya mereka berbahan Kuningan atau Mika yang di kuningkan. Cara ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan. 

Menggigit Bagian Emas Tersebut

Cara selanjutnya yang dilakukan untuk melihat keaslian dari liontin emas asli yang Anda beli adalah dengan menggigit bagian liontin itu sendiri. Emas yang asli memiliki kepadatan yang luar biasa dan sangat keras. Sedangkan emas yang palsu cenderung lebih lunak dan berubah teksturnya pada saat digigit.

Anda bisa menggigit titik paling rentan dari emas yang dibeli. kalau misalkan teksturnya berubah, maka sangat besar kemungkinan kalau emas tersebut adalah emas palsu. 

Menggunakan Alat Tambahan Seperti Misalnya Magnet Atau Besi 

Cara efektif selanjutnya yang bisa dilakukan untuk melihat liontin emas yang Anda beli, yaitu dengan menggunakan magnet. Dekatkan magnet yang Anda miliki pada liontin emas asli yang Anda beli tersebut. Emas yang asli secara otomatis akan tertarik pada magnet dan menempel secara kuat.

Namun berbeda halnya bila Anda membeli emas yang palsu. Emas yang palsu tidak akan menempel pada magnet seperti ini. Pasalnya emas merupakan salah satu jenis logam, namun kategorinya adalah logam mulia. Semua jenis logam memiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan magnet seperti ini.

Menggunakan Keramik atau Kertas

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengukur keaslian emas adalah dengan menggunakan kertas atau keramik. Saat Anda memiliki emas, coba gosokkan emas tersebut pada kertas atau bagian keramik di rumah Anda. Emas yang palsu biasanya akan meninggalkan bekas berwarna hitam pada keramik dan kertas tersebut, sedangkan emas yang asli tidak akan meninggalkan bekas apa-apa. 

Hal ini sangat penting untuk Anda pahami karena tidak ada yang menjamin kalau liontin emas yang Anda beli benar-benar asli. Bahkan Anda bisa mencoba hal ini di toko perhiasan yang Anda kunjungi. Mudah sekali bukan?

Menggunakan Pengujian Asam dengan Nitric Acid 

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengukur keaslian liontin emas yang Anda beli adalah dengan mengetes keasamaan yang dimilikinya. Cairan yang digunakan dalam kondisi ini adalah nitric acid atau asam nitrat. Cara melakukannya juga sangat mudah.

Pertama Anda hanya perlu menyiapkan emas yang Anda beli. Simpan pada tempat yang tidak terjangkau. Teteskan cairan asam nitrat ini kepada emas yang Anda beli tersebut. Anda hanya perlu menunggu reaksi yang terjadi. Biasanya emas yang asli tidak akan mengalami perubahan warna apapun. Namun emas yang palsu akan mengalami perubahan warna secara signifikan.

Cara mengecek keaslian emas di atas sangat mudah dan bisa dipraktekkan oleh awam sekalipun. Jangan malas, pastikan Anda mengikutinya untuk meminimalisir resiko penipuan yang banyak terjadi saat ini. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan liontin emas asli dengan lebih mudah.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *